HEALTHY - LIFE - STYLE

21.3.16

Saat ini gaya hidup sehat atau healthy life style jadi sesuatu atau salah satu yang digalakkan, dikoar koar agar manusia lebih menghargai dirinya dengan menerapkan pola hidup sehat. Buat saya hidup sehat itu penting meskipun saya belum bisa 100% menerapkannya bahkan mungkin masih sangat jauh. Saya terkadang masih makan junkfood, kadang malas berolahraga, masih pake si penyedap rasa kalau masak, dll. Ya, saya masih harus banyak menerapkan lagi hidup sehat untuk investasi jangka panjang dalam hidup kita.

Banyak sekali saya baca artikel di blog atau di sosial media manapun, baca buku, dan melihat di tayangan televisi atau youtube mengenai beberapa langkah / step hidup sehat, saya coba share disini ya meskipun saya masih jauh dalam penerapannya hehe. Here they are :

1. Banyak makan sayur dan buah
   Ini memang penting banget karena sayur dan buah itu sumber vitamin dan mineral alami untuk kebutuhan tubuh kita. Saya termasuk penyuka buah, buah apapun kecuali durian saya agak membatasi dan saya siap melahap berbagai macam sayuran karena saya emang termasuk gak susah makan sayur mayur. Jadi buat step ini saya rasa saya gak susah - susah banget asal sayur & buahnya ada hehe.

2. NO junkfood & makanan/minuman berpengawet
    Junkfood tahu dong yang kayak gimana ? apa mesti sebut merk ? hihi, meskipun saya masih makan junkfood sesungguhnya makanan ini tidak baik dikonsumsi banyak - banyak, kalau bisa malah mending gak usah, tapi susah kan yah ? ya minimal dikurangi aja. Karena junkfood terkadang mengandung garam banyak dan bahan - bahan tertentu yang gak baik buat tubuh kita. Selain itu makanan dan minuman berpengawet (ada yang dikaleng atau dikemas tertentu) juga mending ga usah sering - sering deh, makanan/minuman berpengawet mengandung bahan kimia yang kita gak tahu nih efeknya jika terlalu banyak kita konsumsi.

3. Kurangi penyedap rasa / MSG
    Susah nih buat ibu - ibu seperti saya hehe soalnya kan penyedap rasa bikin masakan kita makin enak dan disukai suami dan anak - anak kita. Tapi bisa kita siasati hanya dengan menggunakan / mencampurkan garam / gula secukupnya yah jangan berlebihan.

4. Makan yang teratur dengan makanan yang sehat

    Dari mulai sarapan sampai dinner makanlah makanan yang sehat nih katanya kalau kamu mau investasi jangka panjang buat badan dan kesehatan kamu. Misalnya sarapan dengan telur rebus yang mengandung protein mix sama salad sayur atau buah. Makan siang boleh deh sama yang agak berat kayak nasi, nasi putih bisa diganti dengan nasi merah yang kandungan seratnya lebih banyak mix sama ayam pepes (gak digoreng ya) dan sayuran rebus misalnya. Makan malamnya bisa sup jagung atau mungkin mau sama buah aja bisa kok hehe. Ngemilnya ganti ngemil sehat misalnya biskuit gandum atau ngemil buah / yoghurt. Nah itu contoh aja ya karena masih banyak menu sehat lainnya apalagi sekarang banyak banget catering sehat yang bantu kamu buat hidup sehat.

5. Aktifitas fisik / olahraga
    Nah ini juga penting karena tubuh kita perlu digerakkan, selain itu olahraga juga membuat hormon kebahagiaan kita meningkat loh jadi sistem imun kita lebih baik. Kalau gak sempet olahraga sebenarnya mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga merupakan aktifitas fisik loh. Nh berjalan kaki pagi - pagi aja selama 30 menit itu udah cukup banget sebenarnya buat memenuhi aktifitas fisik kamu.

6. Tidur dengan teratur
    Jangan begadang ya ! Makan sudah sehat, olahraga sudah oke tapi tidur gak cukup ya percuma dong hehe soalnya tubuh kamu perlu istirahat, perlu tidur hehe so tidur yang cukup ya 6-8 jam per hari dan jangan tidur terlalu larut ya maksimal jam 10 malam.

7. Banyak beribadah dan berdoa ya
    Ini paling penting hehe banyak beribadah dan berdoa pada Allah SWT. Ini penting karena memperbanyak ibadah dapat menyejukkan dan menenangkan hati kita sehingga insya Allah kita siap dalam beraktifitas apapun dengan hati dan pikiran yang selalu bersemangat (no STRESS) !

Nah itu 7 langkah / step pola hidup sehat yang saya ingin belajar lagi terapkan dalam kehidupan saya. Doakan saya ! Hehe

You Might Also Like

0 comments