PENDAFTARAN VIA SMS RS MATA NASIONAL CICENDO BANDUNG

6.3.17

Di postingan pertama tahun 2017 ini, saya ingin share / memberikan informasi tentang pendaftaran pasien kontrol via SMS di RSM Cicendo Bandung. Ini berdasarkan pengalaman saya ketika saya berobat ke bagian "Vitroretina" Cicendo Bandung. Ada beberapa hal yang perlu di-note nih buat para pasien yang mau kontrol ke RS Mata Cicendo Bandung :
  1. Daftar melalu SMS diusahakan jauh - jauh hari yah soalnya terkadang bahkan mungkin beberapa pasien sering mengalaminya kalau misal mendadak pendaftaran pasien Cicendo sudah full booked. Artinya kamu tidak bisa mendaftar untuk hari itu. Intinya diusahakan jangan mendadak yah.
  2. SMS balasan yang sudah diterima dari Cicendo jangan di/terhapus yah, karena ada nomor verifikasi yang harus dimasukkan via monitor di Cicendo agar kamu mendapat kertas nomor antrian menuju loket pendaftaran. Kalau sekiranya takut terhapus tidak sengaja, kamu bisa backup dengan menuliskan / menyimpannya di tempat lain.
  3. Datang on time yah, lebih awal lebih baik agar kamu bisa dapat antrian lebih awal pula. Kok ngantri lagi sih Kak ? Jadi begini, ketika kamu dapat SMS bahwa kamu bisa mengambil nomor antrian pada pukul 07.00-07.30, kalau kamu datang lebih awal kamu akan dapat antrian lebih awal juga karena pada rentang jam tersebut akan tetap mengantri menuju monitor pencetak antrian kamu menuju loket pendaftran.
  4. Jangan datang melebihi rentang waktu pengambilan nomor antrian yang sudah diterima via SMS yah. Itu artinya kamu tak bisa diperiksa / observasi dokter pada hari itu via SMS. Sebagai gantinya kamu bisa melakukan pendaftaran via langsung (untuk pasien baru) yang lebih lama ngantrinya.
  5. Yang harus dibawa pasien BPJS untuk kontrol ke RSM Cicendo Bandung : Surat Rujukan dari Puskesmas / RS Rujukan pertama dari BPJS, kartu BPJS, surat kontrol dari dokter RSM Cicendo Bandung.
  6. Banyak bersabar yah di RSM Cicendo karena pasiennya (sangat) banyak. Sehingga walaupun antrian di loket pendaftaran paling awal, kita bisa di RS agak lama tergantung dari penyakit matanya juga sih. Apalagi vitreoretina yang pasiennya banyak.
OK berikut adalah nomor RS Cicendo untuk pendaftaran via SMS : 08112001197

Format SMS :
DAFTAR(spasi)NO REKAM MEDIS(spasi)KODE POLIKLINIK(spasi)TANGGAL/BULAN/TAHUN 

Contoh SMS :
DAFTAR 00123456 RET 07/03/2017

Note : Jangan sampai salah format SMS yah, karena balasan SMS sesuai format SMS yang kamu kirim juga

Berikut kode Polikliniknya (source from : cicendoeyehospital.org)

NO
POLIKLINIK
KODE_POLI
001
INFEKSI - IMUNOLOGI
EED
002
REFRAKSI
REF
003
LOW VISION
LV
004
LENSA KONTAK
LK
005
KBR
KBR
006
GLAUCOMA
GLAU
007
VITREORETINA
RET
008
NEURO OFTALMOLOGI
NO
009
PEDIATRIK OPTHALMOLOGI & STRABISMUS
POS
010
ROO
ROO
011
TUMOR
TUM
012
INSTALASI DIAGNOSTIK
DIAG
013
PENYAKIT DALAM
IPD



OK, selamat mendaftar dan ingat pesan saya yah, banyak bersabar disana karena pasiennya banyak dan semoga cepat sembuh :)

Nb : artikel lain dari saya tentang antrian di RS Cicendo Bandung ---> ANTRI DI RS MATA CICENDO BANDUNG dan sedikit cerita tentang pemeriksaan mata di Jakarta Eye Center ---> PEMERIKSAAN MATA DI JAKARTA EYE CENTER


You Might Also Like

85 comments

  1. klo baru pertama kali ke cicendo gmn? format pendaftarannya?kan belum ada rekam medis

    BalasHapus
  2. asw maaf baru balas :)
    akang bisa dateng dan antri di tempat antrian pasien baru, setahu saya begitu, kalau misal ada update baru saya belum tahu hehe belum kesana lagi. Terima kasih :) oia jangan lupa dateng pagi yah

    BalasHapus
  3. Kalau mau dilaser kode poli nya yang mana?...

    BalasHapus
  4. Asw. maaf untuk laser saya lupa poli mana, tapi tindakan laser juga bisa dari rujukan poli tertentu misalnya dari vitreoretina, sebelum laser biasanya akang/teteh dicek darah rutin dulu (di poli penyakit dalam). Terima kasih :)

    BalasHapus
  5. Kalo buat bskmya gbs yah?? Kmrn senen blgnya data g ada..tp kartu berobat msh ada gmn yah?? Apa ttp jd pasien baru?
    Kmrn lupa liatin krtu ctrl Cicendo nya... Pdhl dompet isi kartu berobat smua kbwa

    BalasHapus
  6. Asw. Teh maaf saya kurang mengerti pertanyaannya hehe. Cuma biasanya kalau kita sms buat hari besok emang suka udah full, kecuali pernah ada dokter yg bilang besoknya ga usah proses ngantri lagi, jadi langsung kita ke dokter yg bersangkutan (misal karena harus segera lakukan tindakan dll). Dulu sebelum saya tahu bahwa Cucendo menggunakan sistem sms, saya kan sudah terlajur datang ke RS, akhirnya saya disuruh ngantri di antrian pasien baru. Mohon maaf bila ada yg salah yah dari keterangan saya, sudah lama tidak ke Cicendo :) Semoga membantu, cepet sembuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jg y. Saya coba daftar sdh full. Cuma kata orang tua klw sdh dikasih note 'titipan'k langsung aja dokternya dg konfirm dulu ke pihak yg kasih no antrian

      Hapus
  7. cara pembatalan jadwal periksa di cicendo gmn caranya ya, ibu saya salah ketik tanggal...

    BalasHapus
  8. Mau tanya ,saya kemarin diperiksa di idg kalo mau kontrol kode poli nya (012) instalasi diagnostik bukan ya?

    BalasHapus
  9. Asw. maaf baru bisa balas...
    1. Kalau tidak salah : CANCEL(spasi)NO REK MEDIS(spasi)KODE POLI(spasi)TGL/BLN/THN
    Kalau tidak salah begitu, soalnya udah lama juga, lebih pastinya bisa telp RS Cicendonya ya hehe
    2. Kalau itu saya kurang tahu, mungkin bisa ditanyakan ke dokter yang bersangkutan (tergantung
    diagnosa sakitnya apa), maaf kalau salah, semoga membantu :D

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum Mbak Nurul, nomor yang ada di kartu pasien RS Cicendo :)

    BalasHapus
  11. Kalo kode poli spesialis mata anak brp kodenya ya? Mohon sekali infonya.. terima kasih..

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum wr wb, kalau tidak salah poli PEDIATRIK OPTHALMOLOGI & STRABISMUS melayanani pemeriksaan kesehatan mata anak (kalau tidak salah ya), tetapi di vitreoretina pun saya pernah melihat pasien balita juga sebenarnya, maaf kalau kurang membantu ya :) kalau pasien baru bisa langsung antri di antrian pasien baru RS sekalian bisa ditanyakan poli yang lebih tepatnya :)

    BalasHapus
  13. Ass
    Maaf mau tnya nih Kalao mau periksa menggunakan BPJS bisa gak

    BalasHapus
  14. Waalaikumsalam,
    Saya pake BPJS kok kang waktu pemeriksaan di RS Cicendo. Tetapi sebelumnya saya ke Puskesmas dulu (nanti dikasih semacam surat rujukan menuju ke RS Faskes pertama dr BPJS, sesuai domisili), lalu saya ke RS PINDAD untuk pemeriksaan (sedikit) dan dikasih surat rujukan juga untuk ke RS Cicendo. Baru setelah itu bisa ke Cicendo. Emang sih agak panjang alurnya tapi yang penting BPJS kita bisa digunakan, kedepannya kalo ada tindakan + obat bisa dicover meskipun gak semuanya hehe :) Dulu sih saya begitu ya alurnya :) Semoga membantu

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum.
    Kak, jadi pasien lama pun mesti bawa sut rujukan lagi??

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Waalaikumsalam,
    Kalau sudah lama tidak periksa atau kontrol saya lupa lagi aturannya bagaimana hehe (maaf), tapi kalau misal emang rutin kontrol itu wajib bawa surat rujukan yah dr dokter yg bersangkutan :)

    BalasHapus
  18. Persimi min sy mau nanya, kalo mau periksa mata untuk bagian pengcheckan mata minus itu kode polinya berapa ya.. Saya pasien lama, mau kontrol tp lupa kode polinya itu apa.. Trims min 😊

    BalasHapus
  19. Asw..
    Maaf sebelumnya saya gak tahu kebetulan kalau misal pemeriksaan mata minus tetapi biasanya kalau mau ke poli manapun ada pemeriksaan awal (seperti pemeriksaan mata minus), sebagai data petugas / dokter RS riwayat mata kita minus atau plus berapa.

    BalasHapus
  20. Kalo kontrol setelah oprasi katarak ke poli mana?

    BalasHapus
  21. Maaf sebelumnya baru balas, saya juga kurang tahu, tetapi saya pernah melihat pasien sehabis operasi (saya tak tahu operasi apa) di poli vitreoretina.

    BalasHapus
  22. Maaf mau nanya kalo kami dari rujukan daerah jambi prosedurnya gimana ya? Dan apa saja syarat yg diperlukan apa perlu sms juga? Sedangkan kami jauh dari daerah. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum... Mau tanya min.. Klo pasien lama.. Bsk mau periksa lagi.. Taoi beda mata.. Dulu pernah oprasi mata kanan... Bsk mau periksa mata kiri.. Cara daftar via sms nya gimana yah?

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum akang teteh saya coba jawab semampunya ya,
    1. Saya hanya tahu rujukan ke RS Cicendo di daerah Bandung saja (pengguna BPJS kan ya). Mudah mudahan sama ya. Jadi kakak perlu ke puskesmas sesuai domisili. Lalu di puskesmas meminta surat rujukan untuk ke RS rujukan pertama (faskes pertama) sesuai BPJS. Nah apa fungsi kita datang ke faskes pertama ? Untuk meminta rujukan ke RS Cicendo (jika memang di faskes pertama tersebut tidak bisa melakukan pengobatan untuk penyakit kakak). Nah abis itu kakak bisa ke RS CICENDO dan antri di antrian pasien baru ya (gak usah SMS). Semoga membantu maaf jika ada yang salah karena saya sudah 1 tahun tidak berobat lagi :)

    BalasHapus
  25. lanjutan...
    1. Kalau kakak bukan pasien BPJS, minta surat rujukan dari RS sebelumnya dan ketika di RS CICENDO antri di pasien baru ya. Oh ya di cicendo juga menyediakan layanan paviliun. Antriannya lebih sedikit (bukan berarti dikit banget ya he he soalnya Cicendo selalu full pasien), tempat nunggunya lebih nyaman tetapi harga pendaftarannya emang lebih mahal.
    2. Waalaikumsalam, harus ingat terlebih dahulu sebelumnya pasien dari poli mana. Kalau cara daftar seperti di artikel saya yah tetapi kode poli tergantung kakak terakhir diperiksa di poli mana.Dan surat terakhir kontrol yg sebelumnya jangan lupa dibawa ya. semoga membantu.

    BalasHapus
  26. Maap mau tanya saya mau daptar lewat sms terus saya kirim tapi gak ada balesan

    BalasHapus
  27. Coba lihat dulu formatnya sudah betul apa belum, kalau sudah coba kakak sms ulang. Kalau masih sama saja bisa telepon call center nya (022) 42312380. Semoga membantu :)

    BalasHapus
  28. Gmna cara mendaftar via sms pasien baru tanpa no.rekam medis..namanya jg baru jdi tdk ada no rekam medisnya,langsung ke cicendo tanpa ke RS setempat dlu,gmna solusinya?

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum maaf baru balas,
    Sebelumnya mau tanya, menggunakan bpjs gak ? setahu saya kalau menggunakan bjps tahapan - tahapannya ke puskesmas & faskes pertama dulu lalu ke cicendo tanpa sms dulu ya, langsung antri di antrian pasien baru. Kalau tidak menggunakan bpjs bisa langsung datang ke cicendo dan antri di pasien baru dengan membayar uang pendaftaran ya atau bisa ke fasilitas paviliun RS Cicendo (tapi bayarnya lebih mahal).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sy mau tanya, ini sy mau daftar buat adik sy tp lupa kode poli nya apa, kira2 kode poli untuk anak apa ya? Yg ruangannya dilantai paling atas

      Hapus
  30. Maaf sy mau tanya, ini sy mau daftar kontrol buat adik sy tp lupa kode poli nya apa, kira2 kode poli untuk anak2 apa ya? Yg ruangannya dilantai paling atas lantai 4 kalo tdk salah, tolong dibls ya mba sy mau tau infonya

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum wr wb, kalau tidak salah poli PEDIATRIK OPTHALMOLOGI & STRABISMUS melayanani pemeriksaan kesehatan mata anak (kalau tidak salah ya), maaf kalau kurang membantu ya :) untuk lebih jelasnya teteh bisa telp call centernya (022) 42312380

    BalasHapus
  32. nanya mba klu pasien rujukan luar koto gmana caranya?

    BalasHapus
  33. sy pasien dr Batam yg dirujuk ke rsm cicendo bandung tgl 17 oktober 2018 online.apa sy bisa langsung berangkat ya? apa dok yg harus dibawa?.thank's

    BalasHapus
  34. Asw maaf baru dijawab,
    Saya kurang tahu juga tapi kemungkinan :
    1. Kalo bapak pasien non BPJS sepertinya bisa langsung ke cicendo. Dokumen yang dibawa ya seperti surat rujukan RS di Batam & dokumen identitas pribadi. Untuk lebih jelasnya bapak bisa tanya ke call center (022) 42312380
    2. Kalo bapak pasien BPJS bisa ditanyakan step by step dll ke bagian bpjs di RS setempat. Kalau bapak dirujuk dr puskesmas biasanya akan diarahkan ke faskes 1 dl untuk diberi surat rujukan ke rs cicendo. Dokumen yg dibawa ya surat rujukan, kartu bpjs, dokumen identitas pribadi.
    Maaf, semoga membantu :)

    BalasHapus
  35. Ass...mau tanya mba , kalo untuk periksa ke cicendo itu ngantrinya apa sampe 3 hari untuk bisa ke periksa dokter , teimakasih

    BalasHapus
  36. Waalaikumsalam,
    Pengalaman saya sih saya gak sampai 3 hari, cuma memang pernah ngantri dari abis subuh beres periksa sore karena emang pasien banyak sekali, belum lagi ngantri di apotek (saya pasien BPJS). Kalo antrian pendaftaran pasien kontrol (dengan sms atau online) mungkin bisa sampai 3 hari bahkan lebih. Semoga membantu :)

    BalasHapus
  37. Assalamu'alaikum wr.wb. maaf mau bertanya.. saya pasien bpjs dari cilegon yg dpt rujukan ke cicendo.utk pasien baru jam berapa sebaiknya datang utk pendaftaran ya ya?

    BalasHapus
  38. Waalaikumsalam, pengalaman waktu itu jam 6 pagi sudah ada yang antri kok. Jadi begini nanti kaka akan antri dulu untuk pengambilan nomor antrian, nah pengambilan nomor antrian itu dibukanya saya lupa jam berapa (antara jam 06.30-07.00) kalau gak salah. Maaf saya udah lama saya gak kesana :) Semoga membantu.

    BalasHapus
  39. Mba mau nanya klo kontrol anak ke pav.. Sore atau pagi

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum, maaaf baru bales, waktu itu saya ke paviliun pagi pagi kak :)

    BalasHapus
  41. Kalo periksa ke paviliun bisa pake bpjs ga ka ..?

    BalasHapus
  42. asw hai maaf baru balas. setau saya ke paviliun gak pake bpjs kak, jadi bayar mandiri tapi gak tahu ya kalo sekarang. semoga membantu :)

    BalasHapus
  43. Assalamu'alaikum maaf mau tanya saya mau ke cicendo sebelum nya saya belum pernah kesana saya mau daftar kesana gak pake BPJS persyaratan nya apa aja

    BalasHapus
  44. Waalaikumsalam maaf baru balas, bawa perlengkapan identitas diri aja kak seperti KTP, kalau ada surat rujukan dari RS lain boleh dibawa, antri di tempat pasien baru. Maaf ya kalo ada yang kurang, semoga membantu :)

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum, suami berobat k cicendo awalnya pake umum, nah skrg mau pake bpjs, caranya gimana ya? Trs klo daftar pake bpjs apakah harus lewat sms atau datang langsung k rs? Mksh 😃

    BalasHapus
  46. Waalikumsalam,
    Caranya ibu ke puskesmas untuk meminta surat rujukan ke faskes 1 (RS rujukan pertama dari BPJS lokasi ibu berada). Lalu ibu ke RS faskes 1 untuk minta rujukan ke RS Cicendo. Biasanya akan ada sedikit pemeriksaan namun kemudian jika memang RS faskes 1 tidak sanggup menjalankan pengobatan untuk ibu, nanti faskes 1 memberi surat rujukan ibu ke RS Cicendo.
    Yang kedua, kalau ibu tidak punya rujukan / surat kontrol dari dokter di RS CICENDO otomatis ibu tidak bisa lewat SMS, jadi ibu datang langsung aja. Kecuali ibu memang sudah tahu harus kontrol kapan silakan bisa lewat sms. Maaf yah jika ada yang salah / kurang tepat. Semoga membantu

    BalasHapus
  47. Aslkm kak, mau tanya di RSM CICENDO bisa tindakan cangkok cornea tdk ya??
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Kak, saya kurang tahu kalo itu maaf coba telepon call center kak.

      Hapus
  48. kak klo kontrol sblm ny gk jdi trus tdk mlkukan cancel, ketika kontrol ulang, apa yg hrus d lakukan ? soalny dftr online ggal trus

    BalasHapus
  49. kak klo kontrol sblm ny gk jdi trus tdk mlkukan cancel, ketika kontrol ulang, apa yg hrus d lakukan ? soalny dftr online ggal trus

    BalasHapus
    Balasan
    1. (kemungkinan) harus cancel dahulu sih, tapi kalo sudah lewat waktu yg tadi gak jadi bisa lagi daftar spt biasa. Maaf yah kalo salah.

      Hapus
  50. Assalamualaikum'
    Setelah mendengar pengalaman dari teman yang pernah berobat mata ke RS Cendo katanya bagus' baik pelayanan maupun tindakan. Karena itu saya semangat untuk segera mencoba datang' dan sebelumnya maaf mau tanya' untuk biaya seperti operasi atau laser jika pengobatannya mandiŕi berapa biaya yang harus dipersiapkan??

    Terima kasih sebelumnya
    Semoga segera direspon
    Ditunggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam teh,
      kalau laser tahun 2015-2016 sekitar 700rb teh. Tapi sebelum laser ada pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, karena kalau tidak memenuhi persyaratan tidak bisa laser teh. Nanti juga ada tes alergi terlebih dahulu teh (disuntik).
      kalo operasi saya kurang tahu teh operasi apa yg dimaksud hehe.
      Punten ya baru bisa menjawab. Semoga membantu :)

      Hapus
  51. Kalau poliklinik mata apa kodenya mohon banruanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung keperluannya ke klinik mata khusus apa misal sakitnya di retina, katarak, infeksi dll.

      Hapus
  52. Mama saya
    Mau periksa habis oprasi dikarawang terus di rujuk ke cicendo tgl 23 september
    Kode nya gimna ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung sehabis operasi apa itu mamanya kak hehe

      Hapus
  53. Saya datar kontrol tapi kode kiliniknya salah Terus! Gimana yah Caranya? Saya dapat rujukan dari RS Majalengka hasil dianosanya Glaucoma hasil pemerksaan dokter cicendo harus ganti lensa Mata! Kalau langsung daftar saja bisa enggak Yach?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tanya ke Call Center mbak kalau kode kliniknya salah terus :)

      Hapus
  54. Maaf saya mau daftar via SMS tapi salah terus kode poli, untuk GLAUCOMA apa ya

    BalasHapus
  55. Kalo untuk infeksi pilihan kode poli nya apa ya

    BalasHapus
  56. Kalau kontrol bayar lagi pendaftaran gak terima kasih atas jawaban nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pake bpjs ngga, kalau non bpjs bayar yah :)

      Hapus
  57. Balasan
    1. Saya lupa kak, bisa cb telp call center :)

      Hapus
  58. Kalo untuk katarak, mau periksa pake BPJS bisa gak ya? Mohon jawabannya. Terima kasih

    BalasHapus
  59. Maaf saya daftar lewat sms tapi formatnya salah terus..padahal sudah sesuai intruksi..

    BalasHapus
  60. Maaf kak Mau Tanya,Kalau semisal jadwal kontrol nya tanggal 6 januari terus hari itu Ada halangan,,,
    Nah mau kontrol nya lagi rencana tanggal 13. Itu harus daftar via sms dulu atau gimana kak??
    Bisa ngga kira" klo gitu?

    BalasHapus
  61. Kalau untuk kontrol mata minus poli nya apa ya ???

    BalasHapus
  62. Kalau untuk daftar kontrol mata minus kode polinya apaya???

    BalasHapus
  63. Maaf mau nanya kalau untuk kontrol mata minus kode polinya apa ya

    BalasHapus
  64. Kode poli klinik itu apa mohon balasannya ??????

    BalasHapus
  65. Kode poli klinik untuk kontrol mata minus apa ya???

    BalasHapus
  66. Kak mau tanya kode poliklinik untuk mata minus apa ya ???

    BalasHapus
  67. Mf mau tanya brngkali ada yg tahu, dlu sy pernah berobat kesini alhmdllah sembuh skrng matany kambuh lgi, mau berobat lgi dftar via onlen/sms sy lupa norek medisnya,js hrs dftr bru lgi apa gmn y,,,?

    BalasHapus