PERJALANAN BEKASI - BOGOR MENGGUNAKAN KRL (COMMUTER LINE)

23.3.17

Halo !

Ini pengalaman pertamaku pergi ke suatu tempat atau kota menggunakan KRL / lebih dikenal dengan Commuter Line. Sebelumnya memang aku sempat googling, baca - baca di internet bagaimana cara menggunakan KRL sehingga kita sampai di kota tujuan, karena emang aku & suami blank banget gak pernah naik ini.


Kami memulai keberangkatan dari stasiun Cakung karena stasiun Bekasi kejauhan hehe, tapi awal kereta itu dari stasiun Bekasi yah. Di stasiun Cakung yang waktu itu agak sepi (mungkin karena pagi), langsung aja kami menuju loket. Disana kami membayarkan uang ongkos sebesar Rp. 34.000,- dengan rincian :
Ongkos 2 orang : 14.000 (@ 7.000)
Uang jaminan : 20.000 (@ 10.000)
Kami pun sudah menerima tiket dan siap berangkat menggunakan KRL.

Tips dari aku sih selama menggunakan KRL (apalagi newbie kayak aku) harus tahu / ingat stasiun transit sementara. Karena kalau kebablasan kan kamu juga yang rugi (masa harus ngulang lagi?! hehe). Nah kami transit di Manggarai. Cakung - Manggarai kurang lebih 30 menit. Selama perjalanan dari Cakung - Manggarai kebetulan kami tak dapat tempat duduk jadi yah berdiri saja seperti di busway hehe untung sejuk dan gak lama - lama banget lah berdirinya hehe.

Tiba di Manggarai kami langsung naik kereta menuju stasiun Bogor. Ternyata kami naik yang berhenti terakhirnya di Depok, makanya kami langsung turun di stasiun Depok dan naik lagi yang ke stasiun Bogor (kali ini beneran ke Bogor). Dari Manggarai ke Depok terus ke Bogor perjalanan sekitar 1 jam lebih sedikit yah. Alhamdulillah dari Manggarai ke Bogor selalu dapat tempat duduk jadi lebih nyaman lagi perjalanannya.

Sampai di stasiun Bogor jangan langsung ke luar stasiun yah hehe. Kamu punya deposit (uang jaminan) yang bisa diambil di mesin otomatis yang ada di stasiun. Lumayan kan 20.000 buat sarapan hehe. Cara menggunakan mesinnya gampang kok, tinggal masukkan kartu (tiket), pilih "refund" terus nanti uang jaminan kita keluar dari mesin.






Tips dari aku selama naik KRL :
  • Tahu jam sibuk / jam gak sibuk (kalau perginya nyantai) supaya dapet tempat nyaman hehe
  • Hati - hati barang bawaan, kalau banyak bisa disimpan ditempat yang udah disediakan di kereta
  • Pake masker jangan lupa yah, antisipasi segala macam penyakit lewat udara
  • Jangan sampe ketiduran banget yah nanti kelewat lagi stasiunnya hehe

You Might Also Like

4 comments