Senin, 27 Maret 2017

MENGINAP DI VILLA ARIES BIRU PUNCAK

Halo !
Kali ini aku akan me-review sedikit pengalaman aku menginap di Villa & Hotel Aries Biru di daerah Puncak. Aku menginap di hari Jumat dan cek out nya hari Sabtu, jadi cuma satu hari. Villa Aries Biru ini letaknya bukan depan jalan raya Puncak jadi kalau dari arah Bogor nanti belok kiri dan gak lama ketemu deh sama Villa Aries Biru. Oh ya ada bagian jalan menuju villa yang agak curam so teman - teman hati - hati yah. Sebelum baca review dari aku, ini aku kasih lihat beberapa foto di Villa Aries Biru :






Review :

  1. Villa ini cukup strategis kok kalau kamu mau jalan - jalan di sekitar Puncak karena dekat dengan objek wisata Taman Wisata Matahari, Cimory, dll. Nah buat yang suka berpetualang ala - ala My Trip My Adventure, Villa Aries Biru dekat dengan Kawasan Curug Cilember. Tentunya menuju curugnya jalan kaki lagi yah hehe alias hiking. Tapi tenang, udaranya seger kok, banyak pohon - pohon.
  2. Saya kebetulan memesan kamar paling murah (hehe budget lagi budget lagi) dapat kamar Leo yang memang agak kecil yah dan waktu itu baru banget dicat karena baunya lumayan menyengat di kamar. Saya bayar Rp. 325.000,- (include sarapan yah), di dalam kamar yah seperti biasa, ada handuk dan peralatan mandi, air mineral, TV dan fasilitas standar lainnya. Namun beberapa lantai agak kotor sedikit, kamar mandi kecil tapi ok kok cuma gak ada tisu.
  3. Sarapan pagi diantar karyawan villa ke kursi teras kamar kita. Sarapannya nasi goreng & air mineral saja.
  4. Pemandangan depan kamar saya itu ya sawah, kalau pagi ke sore sih seger lihat yang hijau - hijau, tapi kalau malam yah gelap. 
  5. Nah yang paling mantap di villa ini yah lingkungan di luar kamarnya. Jadi ada fasilitas lapangan, kolam renang, kolam pancing, pokoknya luas dan nyaman. Saya dan suami sempat berenang sebentar hehe.
  6. Oh ya sebelum masuk kamar, pas kita konfirmasi kamar ke resepsionis kita diminta uang deposit Rp 50.000,- yang nanti pas pulang juga dikembalikan lagi.
Terima Kasih

Kamis, 23 Maret 2017

MENGINAP DI HOTEL MIRAH SARTIKA BOGOR

Halo !
Sekarang aku mau review sedikit tentang pengalamanku menginap satu hari di Hotel Mirah Sartika, Bogor. Menurut aku Hotel Mirah Sartika ini sangat strategis karena deket banget sama stasiun Bogor (jalan juga bisa) hehe. Aku & suami disini kebetulan dapat kamar twin bed gitu di lantai 3. Budgetnya kurang lebih Rp. 295.000,- (termasuk sarapan yah).



Sebenernya ini kali kedua aku menginap di hotel ini, alasannya sih menginap lagi disini ada dua : tempatnya yang strategis sama harganya yang mirah alias lumayan yah di kantong hehe.
Review :
  1. Hotelnya oke gaya klasik gitu tapi beberapa bagian terlihat 'tua' / 'usang'. Mungkin saja belum direnovasi. Termasuk di kamarnya. Menurutku pencahayaan di kamar mandi kurang terang dan bad tub nya gak bisa dipakai kebetulan. Dari bagian kamar sih cuma kamar mandi yang kurang yah. Tempat tidur oke hanya mungkin satu tempat tidur tak bisa dipakai berdua dengan suami (soalnya dapat twin bed juga). TV-nya jadul tapi gak masalah sih soalnya aku gak seharian di hotel saja. Kebetulan dapat yang ada terasnya jadi pagi hari bisa jemur pagi, kebetulan mataharinya lagi bagus hehe. 
  2. Pelayanannya lumayan baik sih. Lumayan ramah juga. Bawaanku yang berat dibawain sampai kamar. Soalnya selama menginap di hotel gak semua karyawan hotel ngelakuin itu hehe.
  3. Aku dan suami datang lumayan pagi dan mungkin karena lagi gak crowded banget (weekday) kami langsung diantar ke kamar jadi bisa istirahat dulu sebelum jalan - jalan di kota Bogor hehe.
  4. Sarapannya nasi uduk plus lauknya juga ada. Lumayan enak sih, ada buah - buahannya juga. Cuma ya yang ga mau nasi, ada roti. Jadi sarapan ada dua pilihan makanan berat, roti atau nasi.


PERJALANAN BEKASI - BOGOR MENGGUNAKAN KRL (COMMUTER LINE)

Halo !
Ini pengalaman pertamaku pergi ke suatu tempat atau kota menggunakan KRL / lebih dikenal dengan Commuter Line. Sebelumnya memang aku sempat googling, baca - baca di internet bagaimana cara menggunakan KRL sehingga kita sampai di kota tujuan, karena emang aku & suami blank banget gak pernah naik ini.


Kami memulai keberangkatan dari stasiun Cakung karena stasiun Bekasi kejauhan hehe, tapi awal kereta itu dari stasiun Bekasi yah. Di stasiun Cakung yang waktu itu agak sepi (mungkin karena pagi), langsung aja kami menuju loket. Disana kami membayarkan uang ongkos sebesar Rp. 34.000,- dengan rincian :
Ongkos 2 orang : 14.000 (@ 7.000)
Uang jaminan : 20.000 (@ 10.000)
Kami pun sudah menerima tiket dan siap berangkat menggunakan KRL.

Tips dari aku sih selama menggunakan KRL (apalagi newbie kayak aku) harus tahu / ingat stasiun transit sementara. Karena kalau kebablasan kan kamu juga yang rugi (masa harus ngulang lagi?! hehe). Nah kami transit di Manggarai. Cakung - Manggarai kurang lebih 30 menit. Selama perjalanan dari Cakung - Manggarai kebetulan kami tak dapat tempat duduk jadi yah berdiri saja seperti di busway hehe untung sejuk dan gak lama - lama banget lah berdirinya hehe.

Tiba di Manggarai kami langsung naik kereta menuju stasiun Bogor. Ternyata kami naik yang berhenti terakhirnya di Depok, makanya kami langsung turun di stasiun Depok dan naik lagi yang ke stasiun Bogor (kali ini beneran ke Bogor hehehe). Dari Manggarai ke Depok terus ke Bogor perjalanan sekitar 1 jam lebih sedikit yah. Alhamdulillah dari Manggarai ke Bogor selalu dapat tempat duduk jadi lebih nyaman lagi perjalanannya.

Sampai di stasiun Bogor jangan langsung ke luar stasiun yah hehe. Kamu punya deposit (uang jaminan) yang bisa diambil di mesin otomatis yang ada di stasiun. Lumayan kan 20.000 buat sarapan hehe. Cara menggunakan mesinnya gampang kok, tinggal masukkan kartu (tiket), pilih "refund" terus nanti uang jaminan kita keluar dari mesin.



Tips dari aku selama naik KRL :
  • Tahu jam sibuk / jam gak sibuk (kalau perginya nyantai) supaya dapet tempat nyaman hehe
  • Hati - hati barang bawaan, kalau banyak bisa disimpan ditempat yang udah disediakan di kereta
  • Pake masker jangan lupa yah, antisipasi segala macam penyakit lewat udara
  • Jangan sampe ketiduran banget yah nanti kelewat lagi stasiunnya hehe

Senin, 06 Maret 2017

PENDAFTARAN VIA SMS RS MATA NASIONAL CICENDO BANDUNG

Di postingan pertama tahun 2017 ini, aku pengen ngasih tahu informasi tentang pendaftaran pasien kontrol via SMS di RSM Cicendo Bandung yah Ini berdasarkan pengalamanku, ketika aku berobat ke bagian "Vitroretina" Cicendo Bandung. Ada beberapa hal yang perlu di-note nih buat para pasien yang mau kontrol ke RS Mata Cicendo Bandung :
  1. Daftar melalu SMS diusahakan jauh - jauh hari yah soalnya terkadang bahkan mungkin beberapa pasien sering mengalaminya kalau misal mendadak pendaftaran pasien Cicendo sudah full booked. Artinya kamu tidak bisa mendaftar untuk hari itu. Intinya diusahakan jangan mendadak yah.
  2. SMS balasan yang sudah diterima dari Cicendo jangan di/terhapus yah, karena ada nomor verifikasi yang harus dimasukkan via monitor di Cicendo agar kamu mendapat kertas nomor antrian menuju loket pendaftaran. Kalau sekiranya takut terhapus tidak sengaja, kamu bisa backup dengan menuliskan / menyimpannya di tempat lain.
  3. Datang on time yah, lebih awal lebih baik agar kamu bisa dapat antrian lebih awal pula. Kok ngantri lagi sih Kak ? Jadi begini, ketika kamu dapat SMS bahwa kamu bisa mengambil nomor antrian pada pukul 07.00-07.30, kalau kamu datang lebih awal kamu akan dapat antrian lebih awal juga karena pada rentang jam tersebut akan tetap mengantri menuju monitor pencetak antrian kamu menuju loket pendaftran.
  4. Jangan datang melebihi rentang waktu pengambilan nomor antrian yang sudah diterima via SMS yah. Itu artinya kamu tak bisa diperiksa / observasi dokter pada hari itu via SMS. Sebagai gantinya kamu bisa melakukan pendaftaran via langsung (untuk pasien baru) yang lebih lama ngantrinya.
  5. Yang harus dibawa pasien BPJS untuk kontrol ke RSM Cicendo Bandung : Surat Rujukan dari Puskesmas / RS Rujukan pertama dari BPJS, kartu BPJS, surat kontrol dari dokter RSM Cicendo Bandung.
  6. Banyak bersabar yah di RSM Cicendo karena pasiennya (sangat) banyak. Sehingga walaupun antrian di loket pendaftaran paling awal, kita bisa di RS agak lama tergantung dari penyakit matanya juga sih. Apalagi vitreoretina yang pasiennya banyak.
OK berikut adalah nomor RS Cicendo untuk pendaftaran via SMS : 08112001197

Format SMS :
DAFTAR(spasi)NO REKAM MEDIS(spasi)KODE POLIKLINIK(spasi)TANGGAL/BULAN/TAHUN 

Contoh SMS :
DAFTAR 00123456 RET 07/03/2017

Note : Jangan sampai salah format SMS yah, karena balasan SMS sesuai format SMS yang kamu kirim juga

Berikut kode Polikliniknya (source from : cicendoeyehospital.org)

NO
POLIKLINIK
KODE_POLI
001
INFEKSI - IMUNOLOGI
EED
002
REFRAKSI
REF
003
LOW VISION
LV
004
LENSA KONTAK
LK
005
KBR
KBR
006
GLAUCOMA
GLAU
007
VITREORETINA
RET
008
NEURO OFTALMOLOGI
NO
009
PEDIATRIK OPTHALMOLOGI & STRABISMUS
POS
010
ROO
ROO
011
TUMOR
TUM
012
INSTALASI DIAGNOSTIK
DIAG
013
PENYAKIT DALAM
IPD


OK, selamat mendaftar dan ingat pesanku yah, banyak bersabar disana karena pasiennya banyak dan semoga cepat sembuh :)

Rabu, 11 Mei 2016

KETIMBANG NGEMIS

Sebelumnya saya memang sudah follow akun komunitas Ketimbang Ngemis di Instagram. Buat saya akun ini sangat inspiratif dan menyadarkan saya akan artinya bersyukur atas apa yang dimiliki saat ini. Tadi pagi menjelang siang saya menonton acara "Intermezzo" di I-News TV dimana topik dan bintang tamu yang dihadirkan adalah founder dari komunitas Ketimbang Ngemis. Adalah Mbak Yona Luverina dan mbak Riska (kalau tidak salah ya hehe) founder atau penggagas komunitas ini. Para founder masih sangat muda - muda sekali hehe umurnya 20 dan 22 tahun tetapi tidak menyurutkan kepeduliannya terhadap sesama. Sebenarnya Ketimbang Ngemis sendiri telah berdiri sejak Juni tahun lalu dan sekarang di Jakarta sudah ada kurang lebih 72 volunteer dan sudah ada hampir 50 kota yang punya komunitas Ketimbang Ngemis ini.

Salah satu founder menyebutkan bahwa salah satu tujuan adanya komunitas ini adalah untuk mengapresiasi mereka yang mendahulukan KERJA dahulu dibanding meminta - minta atau mengemis. Dalam Islam sendiri tangan diatas lebih baik daripada dibawah, bukan berarti kita menyudutkan pengemis tapi dengan bekerja dahulu lillahita'ala berapapun penghasilan yang didapat rasanya lebih baik dan berkah karena kita bekerja dari hasil keringat atau usaha sendiri. Belum lagi terkadang kita was - was akan perasaan "bener gak yah ini pengemis ? apa pura - pura ngemis ? uangnya buat apa ya ?" jadi penuh tanya ya setelah kita memberi uang pada pengemis. 

Balik lagi ke komunitas Ketimbang Ngemis, pemberian donasi untuk mereka yang kurang mampu tetapi lebih memilih bekerja dibandingkan dengan mengemis itu setiap akhir bula. Dimana yang diutamakan adalah yang berusia lanjut (>65 tahun) juga memiliki keterbatasan fisik. Seperti contoh bintang tamu tadi adalah Kakek Udin serorang penjual balon keliling di Jakarta. Beliau bekerja dari pukul 08.00 sampai dengan habis Ashar dengan keuntungan Rp. 20.000, - sehari. Pak Udin menderita penyakit katarak sehingga beliau tidak dapat melihat dengan jelas dan cita - citanya adalah ingin bisa melihat kembali. Alhamdulilah sekarang sudah ada donatur yang akan membiayai operasi katarak Pak Udin.

Entahlah saya pagi ini mellow kembali karena memang hal - hal atau acara seperti ini selalu membuat tak terasa air mata menetes dan sadar Ya Allah banyak yang jauh kurang beruntung daripada kita tapi jarang sekali kita bersyukur atas nikmatMu ini Ya Rabb. Membayangkan bagaimana kalau mereka orang tua kita, semoga kita selalu diberikan hati yang mudah memberi dan jauh dari sifat kikir. Terima kasih Allah dan terima kasih komunitas Ketimbang Ngemis akan hikmah yang saya dapat hari ini :)

Senin, 02 Mei 2016

THE HERO : PAK SARIBAN

Sekitar tiga kali saya melihat tayangan di TV tentang Bapak yang selalu tersenyum dan bersemangat ini. Ya, beliau bernama Pak Sariban, seorang pensiunan PNS yang saat ini tengah berjuang untuk membersihkan dan menjaga kota Bandung. Meskipun saat ini saya tidak tinggal di Bandung, sebagai urang Sunda saya merasa bangga, terharu dan terinspirasi sekali.

Pak Sariban yang berseragam kuning ini siap membersihkan lingkungan kota Bandung dengan peralatan tempur yang ia miliki dan sepeda yang selalu ia tunggangi. Melihat sosok beliau yang ramah dan selalu bersemangat saya menjadi sangat terinspirasi dan malu. Malu karena meskipun beliau pernah menderita TBC tulang (sesuai tayangan di TV Lokal) beliau tetap bersemangat dan tidak bisa hanya diam merenungi penyakit yang dideritanya di rumah. Saya sendiri kurang tahu apa sekarang penyakitnya masih sembuh atau belum. Setidaknya kita bisa mengambil pelajaran banyak dari beliau, salah satunya tetap selalu bersemangat dan bersyukur apapun yang terjadi. Saya malu, terkadang mengeluh cape padahal hanya cape karena perkerjaan rumah tangga saja, hihi.

sumber : bandungjuara.com
Semoga Pak Sariban terus sehat ya, saya jadi teringat Bapak saya di Bandung meskipun usianya sudah lewat 60 tahun beliau alhamdulilah selalu sehat. Bapak rajin 'gerak' seperti Pak Sariban, tak bisa hanya diam saja di rumah. Semua beliau lakukan termasuk membantu anak - anaknya. Semoga Pak Sariban dan Bapakku di Bandung selalu sehat dan dilindungi Allah. Aamiin.

Senin, 21 Maret 2016

HEALTHY - LIFE - STYLE

Saat ini gaya hidup sehat atau healthy life style jadi sesuatu atau salah satu yang digalakkan, dikoar koar agar manusia lebih menghargai dirinya dengan menerapkan pola hidup sehat. Buat saya hidup sehat itu penting meskipun saya belum bisa 100% menerapkannya bahkan mungkin masih sangat jauh. Saya terkadang masih makan junkfood, sering tidak berolahraga (meskipun tetep ngerjain pekerjaan rumah tangga ya hehe), masih pake si penyedap rasa kalau masak, dll. Ya, saya masih harus banyak menerapkan lagi hidup sehat untuk investasi jangka panjang dalam hidup kita.

Banyak sekali saya baca artikel di blog atau di sosial media manapun, baca buku, dan melihat di tayangan televisi atau youtube mengenai beberapa langkah / step hidup sehat, saya coba share disini ya meskipun saya masih jauh dalam penerapannya hehe. Here they are :

1. Banyak makan sayur dan buah
   Ini memang penting banget karena sayur dan buah itu sumber vitamin dan mineral alami untuk kebutuhan tubuh kita. Saya termasuk penyuka buah, buah apapun kecuali durian saya agak membatasi dan saya siap melahap berbagai macam sayuran karena saya emang termasuk gak susah makan sayur mayur. Jadi buat step ini saya rasa saya gak susah - susah banget asal sayur & buahnya ada hehe.

2. NO junkfood & makanan/minuman berpengawet
    Junkfood tahu dong yang kayak gimana ? apa mesti sebut merk ? hihi, meskipun saya masih makan junkfood sesungguhnya makanan ini tidak baik dikonsumsi banyak - banyak, kalau bisa malah mending gak usah, tapi susah kan yah ? ya minimal dikurangi aja. Karena junkfood terkadang mengandung garam banyak dan bahan - bahan tertentu yang gak baik buat tubuh kita. Selain itu makanan dan minuman berpengawet (ada yang dikaleng atau dikemas tertentu) juga mending ga usah sering - sering deh, makanan/minuman berpengawet mengandung bahan kimia yang kita gak tahu nih efeknya jika terlalu banyak kita konsumsi.

3. Kurangi penyedap rasa / MSG
    Susah nih buat ibu - ibu seperti saya hehe soalnya kan penyedap rasa bikin masakan kita makin enak dan disukai suami dan anak - anak kita. Tapi bisa kita siasati hanya dengan menggunakan / mencampurkan garam / gula secukupnya yah jangan berlebihan.

4. Makan yang teratur dengan makanan yang sehat
    Dari mulai sarapan sampai dinner makanlah makanan yang sehat nih katanya kalau kamu mau investasi jangka panjang buat badan dan kesehatan kamu. Misalnya sarapan dengan telur rebus yang mengandung protein mix sama salad sayur atau buah. Makan siang boleh deh sama yang agak berat kayak nasi, nasi putih bisa diganti dengan nasi merah yang kandungan seratnya lebih banyak mix sama ayam pepes (gak digoreng ya) dan sayuran rebus misalnya. Makan malamnya bisa sup jagung atau mungkin mau sama buah aja bisa kok hehe. Ngemilnya ganti ngemil sehat misalnya biskuit gandum atau ngemil buah / yoghurt. Nah itu contoh aja ya karena masih banyak menu sehat lainnya apalagi sekarang banyak banget catering sehat yang bantu kamu buat hidup sehat.

5. Aktifitas fisik / olahraga
    Nah ini juga penting karena tubuh kita perlu digerakkan, selain itu olahraga juga membuat hormon kebahagiaan kita meningkat loh jadi sistem imun kita lebih baik. Kalau gak sempet olahraga sebenarnya mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga merupakan aktifitas fisik loh. Nh berjalan kaki pagi - pagi aja selama 30 menit itu udah cukup banget sebenarnya buat memenuhi aktifitas fisik kamu.

6. Tidur dengan teratur
    Jangan begadang ya ! Makan sudah sehat, olahraga sudah oke tapi tidur gak cukup ya percuma dong hehe soalnya tubuh kamu perlu istirahat, perlu tidur hehe so tidur yang cukup ya 6-8 jam per hari dan jangan tidur terlalu larut ya maksimal jam 10 malam.

7. Banyak beribadah dan berdoa ya
    Ini paling penting hehe banyak beribadah dan berdoa pada Allah SWT. Ini penting karena memperbanyak ibadah dapat menyejukkan dan menenangkan hati kita sehingga insya Allah kita siap dalam beraktifitas apapun dengan hati dan pikiran yang selalu bersemangat (no STRESS) !

Nah itu 7 langkah / step pola hidup sehat yang saya ingin belajar lagi terapkan dalam kehidupan saya. Doakan saya ! Hehe