PERIKSA MATA DI JAKARTA EYE CENTER (CIBUBUR & MENTENG)

20.8.18

Selain RS Mata AINI dan RS mata lainnya di ibu kota dan sekitarnya, terdapat satu RS mata yang lumayan terkenal juga (menurut saya) yaitu Jakarta Eye Center atau sering disingkat JEC. Saya pernah berobat ke 2 JEC yaitu JEC Menteng dan Cibubur. Menurut kabar, JEC Cibubur merupakan klinik mata, sedangkan JEC Menteng memang lebih besar (termasuk Rumah Sakit). Untuk alamat JEC Cibubur & Menteng :

JEC CIBUBUR
Jalan Raya Alternatif Cibubur No. 1
Bekasi 17435
T : 021-29221000

JEC MENTENG 
Jalan Cik Ditiro No. 46
Menteng, Jakarta 10310
T : 021-29221000

Sebagai informasi tambahan JEC Cibubur menerima pasien BPJS dan JEC Menteng menerima asuransi lain tapi tidak untuk BPJS ya. Untuk biaya administrasi pasien baru di JEC Menteng itu sekitar Rp. 80.000,-. Untuk di JEC Cibubur saya kurang tahu karena memang pertama kali ke JEC itu ya ke Menteng.

Oh ya cara pendaftaran pasien kontrol itu bisa langsung ke resepsionis / admin/ CS di RS yang bersangkutan atau melalui website (online) dan WA (kalau tidak salah). Pasien di JEC diberi batas kuota ya setiap harinya untuk setiap dokter spesialis. Biaya konsultasi dokter mata spesialis di JEC Cibubur sekitar 200ribuan ya dan biaya di Menteng sekitar 300ribuan. Memang lebih mahal di Menteng, mungkin karena pusatnya juga (mungkin).

Ketika sudah menyelesaikan segala administrasi di bagian CS kita diminta untuk langsung ke ruang BDR (Basic Diagnostic Room), kalau gak salah kepanjangannya itu ya hehe. Di BDR kita akan diperiksa mata secara singkat dan secara basic ya seperti dites baca - baca huruf dan pemeriksaan tekanan bola mata. Setelah dari BDR kita diarahkan untuk pemeriksaan dokter spesialis. Tentunya mengantri ya hehe karena di BDR pun kita tetep sama kok ngantri.

Terkadang dokter spesialis membutuhkan pemeriksaan lebih khusus untuk kita maka kita akan diarahkan ke ruang CDC (saya lupa kepanjangannya). Disana ada pemeriksaan foto fundus, USG mata dan lain - lain yah pokoknya. Lalu setelah itu kita diarahkan lagi untuk kembali ke dokter sebelumnya atau dokter yang direkomendasikan. FYI, USG mata dilakukan bersama dokternya yah. Biayanya lumayan juga, sekitar 800ribuan.

Setelah semuanya selesai, kita langsung ke tempat kasir untuk menyelesaikan pembayaran yang sudah tadi kita lalui semua plus menebus obat di apotek disamping kasir.

Sekian infonya secara umum ya next saya akan posting secara khusus lagi. Terima kasih :)

NB : Saya juga menulis artikel tentang biaya pemeriksaan di JEC Menteng here's the link

You Might Also Like

17 comments

  1. Hay kak. kk berobat di jec menteng ya, tanpa menggunakan kartu asuransi apapun? Mungkin kalau di jec cibubur jika menggunakan bpjs biayanya apakah free?

    BalasHapus
  2. iya di jec menteng gak apke bpjs. iya kalo di jec cibubur menerima bpjs kak, biaya dicover bpjs kecuali ada obat atau tindakan diluar coveran bpjs. semoga membantu, maaf baru balas :)

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. di JEC Menteng gak bisa, di JEC Cibubur bisa

      Hapus
  4. bpjs di jec cibubur yah, di menteng gak bisa.

    BalasHapus
  5. Kalo mau Lasik di JEC Cibubur bisa pake BPJS gak yah, Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di JEC Cibubur memang bisa pake BPJS tapi kalo untuk tindakan lasik saya tidak tahu. Bisa tanya call center atau via WA :)

      Hapus
  6. Kira" di JEC biayanya brpa ya kalo mau operasi katarak dengan laser , biaya pribadi ?? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu mbak, bisa cb tanya call center atau via WA :)

      Hapus
    2. Kalau biaya laser di jec menteng 3.5jt blum biaya obat dan dokter

      Hapus
  7. Dokter recommended JEC Cibubur siapa yah kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dengan dokter Waldensius Girsang kak :)

      Hapus
  8. apakah dari pemeriksaan, hasilnya bisa dipakai utk buat prescription lenses?

    BalasHapus
  9. Hi Sist.. Mau tanya.. Kalau pakai BPJS.. Syaratnya apa aja? Kalau Bpjs alamat Depok.. Alamat KTP jakarta bisa ga?

    BalasHapus
  10. Apakah jec Cibubur menerima operasi tanam retina pake bpjd

    BalasHapus