TIPS NAIK KERETA API EKONOMI MALAM KE YOGYAKARTA

24.8.18

Saya mau sharing pengalaman / tips ketika saya traveling ke Jogja menggunakan kereta api ekonomi (Bogowonto) dari Stasiun Pasar Senen. Tipsnya sedikit saja sih hehe mudah mudahan bermanfaat buat kamu yang mau traveling ke Jogja.

  1. Datang lebih awal dari jam keberangkatan yah. Ini tips yang sangat mainstream. Karena kamu harus cari parkir kendaraan dulu (kalau bawa kendaraaan) dan cetak tiket serta nyari kereta tujuannya. Waktunya kan lumayan juga, belom kalau misal kamu belum makan. Pasti nyari makan dulu kan. Jadi, datang lebih awal sekitar satu jam sebelumnya ideal banget buat melakukan ini semua.
  2. Pakai baju kamu yang senyaman -nyamannya yah, gak usah baju kamu yang paling gaul tapi cukup yang paling nyaman. Perjalanan 8 jam malam - malam ngebuat kamu 'terpaksa' harus tidur di kereta kan ya (tentunya posisi duduk). Nah biar kamu nyaman dan tidur kamu gak keganggu banget sama outfit kamu pokoknya pilih baju kamu yang paling nyaman. Kalau kamu berhijab, ada baiknya pake jenis bergo atau hijab apapun asal simple.
  3. Bekal minuman ya, kalau bisa mineral water ya. Kenapa? Pengalaman saya ketika tidur yang harus kebangun - bangun terkadang tenggorokan berasa sangat kering dan sedikit sakit. Nah, saat kerasa begitu kamu bisa langsung minum air putih dan melanjutkan tidur lagi (kalau bisa).
  4. (Kalau bisa) pilih posisi di dekat jendela. Kenapa?
    Saat kamu tidur kamu bisa nyenderan ke samping kereta setidaknya tidur kamu sedikit lebih aman dan nyaman. Trust me, it works.
  5. Boleh bawa bantal leher dan kalau bisa posisi bantalannya di depan ya jadi menopang kepala kamu yang bisa jalan - jalan kesana kemari. Selain itu aman sekali jika tidak sengaja mulutmu akan membuat 'pulau' :P
  6. Boleh bawa headset sambil denger lagu atau apapun karena kamu akan melakukan perjalanan 8 jam dan itu sungguh sangat lama rasanya haha.
  7. Selain bekal minuman jangan lupa bawa makanan atau cemilan juga ya, siapa tahu kamu tiba - tiba lapar tengah malam.
  8. Bersabar ya jika jam - jam subuh di toilet gak bisa lama - lama. Karena subuh orang ada yang sudah pada bangun, ada yang buang air kecil, buang air besar, cuci muka dan berwudhu. Macem - macem deh.
  9. Perhatikan posisi tidur / duduk kamu ya. Karena kursi kereta ini berhadap - hadapan dengan orang lain. Jangan sampai kamu menyenggol kaki orang lain atau membuat orang lain tak nyaman atau risih. Ya pokoknya sekali - kali cek ya.
OK sekian tipsnya. Ini personal tips ya artinya masih banyak tips - tips lain versi kamu selain versi saya yang diatas. Terima kasih. Selamat jalan - jalan.

You Might Also Like

0 comments