CARA UPGRADE KERETA DI STASIUN YOGYAKARTA

10.8.18

Assalamualaikum kali ini saya akan share pengalaman saya ganti kereta alias upgrade kereta di Stasiun Yogyakarta...

Jadi pada saat itu saya melalukan perjalanan untuk traveling ke Yogyakarta menggunakan kereta. Dari Stasiun Senen saya naik kereta api Ekonomi Bogowonto menuju Yogyakarta selama 8 jam perjalanan yah kurang lebih. Berangkat 21.45 dan sampai di Stasiun Yogyakarta sekitar pukul 05.44. Karena satu dan lain hal akhirnya saya memutuskan untuk mengganti kereta menjadi kereta api eksekutif ketika perjalanan pulang (Yogyakarta - Jakarta). Saat itu saya berangkat Kamis malam dan tiba hari Jumat pagi. Sedangkan saya berencana pulang hari Minggu pagi. Nah bagaimana stepnya nih upgrade kereta secara offline di Stasiun Yogyakarta, berikut secara singkat :
  1. Saat itu memang saya memesan kereta baik pergi atau pulangnya melalui aplikasi. Ketika tiba di stasiun Yogyakarta (tentunya setelah ngopi cantik sejenak hehe) saya dan suami langsung menuju ruang Customer Service samping kanan stasiun (dari depan yah) yang ada tangganya. Jadi kamu bisa langsung menuju ruang CS-nya yah.
  2. Pertama sebenarnya saya ingin memesan kereta api bisnis namun ternyata sudah penuh alias full. Pada akhirnya saya memesan kereta api eksekutif Yogyakarta - Jakarta. Yang harus dicatat adalah kereta api yang saya pesan (Argo Lawu) tidak ada jurusan ke Stasiun Pasar Senen jadi pilihannya adalah menuju Stasiun Gambir atau Jatinegara. Dan saya menjatuhkan pilihan pada Stasiun Gambir. Mengapa ? Karena dekat ke Stasiun Senen hehe (kebetulan saya membawa kendaraan pribadi di Senen).
  3. Setelah itu mas - mas CS akan meng-upgrade kereta kita di komputernya dan mencetak kertas (saya lupa kertas apa) hehe. Nah setelah ini kita diarahkan membayarkan kekurangannya di Kasir. Btw, ruang kasir itu sebelahnya yah.
  4. Di ruang kasir saya dijelaskan harus berapa bayarnya. Yang kamu harus ingat adalah ada semacam 'denda' yah yg harus dipotong karena pesan online juga plus emang dipotong 25% dari masing - masing tiket. Total pembayaran saya saat itu Rp. 568.000. Dimana sebelumnya saya membayar Rp. 460.000 yah untuk kereta ekonomi (untuk 2 tiket). Rincian sebagai berikut : Bayar tiket (per satu tiket ya) = 230.000 > lalu dipotong 7.500 karena pesan online > lalu dipotong 25% karena upgrade kereta ya > Lalu kekurangannya adalah harga tiket eksekutif (which is saat itu 450.000 satu tiket) dikurangi harga tiket ekonomi setelah dikurang - kurangi tadi dan dikalikan 2 karena saya beli 2 tiket hehe hasilnya kurang lebih saya bayar 568.000. Oh ya saat itu saya harus bayar cash alias tunai.
  5. Akhirnya tercetaklah kertas bahwa saya sudah memesan kereta api eksekutif Argo Lawu pukul 08.57 hari Minggu.
Sekian sedikit penjelasan dari saya yah maaf tidak begitu terperinci hanya cerita singkat saja pengalaman saya upgrade kereta api hehe. Maaf bila ada kekurangan, semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

0 comments