PENYEBAB JERAWAT DI PIPI (DR ZAF)

25.9.18

Jadi ketika saya sedang berjerawat agak parah di daerah pipi saya sempet kepo buka - buka channel di youtube yang membahas masalah ini. Dan bertemulah saya dengan channel Dokter ZAF yang membahas seputar jerawat dan skincare. Channel yang memiliki 14K subscriber ini memang benar - benar membahas berbagai macam masalah kulit, tips dan lain - lain terutama tentang jerawat. Kebetulan saya menemukan video tentang berbagai penyebab jerawat di pipi. Yang dokter ZAF sebutkan itu ada 5 yaitu sebagai berikut :
  1. Helm. Ternyata helm kita yang jarang di cuci bisa menyebabkan jerawat di pipi loh teman - teman. Apalagi buat yang suka pake motor buat aktifitasnya. Kebayangkan helm kamu dicuci berapa minggu / bulan sekali atau mungkin tahunan. Nah mulai sekarang yuk cuci helm kamu (reminder banget buat saya).
  2. Bantal. Ternyata bantal juga bisa menyebabkan jerawat, kotoran bisa aja banyak nempel di bantal kamu sementara kamu setiap hari tidur diatas bantal kamu, wajah kamu langsung nempel ke bantal. Makanya kamu bisa ganti sarung bantal kamu secara berkala misalnya seminggu / 2 minggu sekali.
  3. Hormonal. Entahkah itu kamu lagi mau haid, sedang hamil atau mungkin sedang minum pil KB dan lain lain. Beberapa faktor karena masalah hormonal ini bisa didiskusikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Sementara untuk tidak memperparah jerawatnya kita bisa mulai dengan membiasakan makan / hidup sehat.
  4. PCOS. PCOS ini adalah Polycystic Ovary Syndrome, merupakan terganggunya fungsi ovarium pada wanita. Hal ini menyebabkan hormon tidak seimbang, untuk lebih detailnya kamu bisa melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.
  5. Steroid. Ternyata penggunaan obat yang mengandung steroid bisa menimbulkan jerawat di pipi. Buat kamu bisa juga melihat kandungan / jenis obat yang sedang kamu konsumsi karena siapa tahu jerawat bisa timbul dari sana.
Nah itu 5 penyebab jerawat di pipi yang Dokter ZAF sebutkan di vlognya. Semoga membantu, saya hanya bantu share dan semoga bermanfaat hehe. Yang mau subscribe ini linknya di Youtube : dr.ZAF

You Might Also Like

0 comments